Pages



TENTANG KEHAMILAN PADA GUINEA PIG

Jika Anda memelihara sepasang guineapig maka anda akan mendapatkan si betina hamil suatu saat nanti, atau anda juga pasti ingin tahu cara mengetahui kehamilan pada GP dan persiapan-persiapan untuk induk hamil, berikut ini adalah tentang kehamilan pada Guinea Pig :

*Kehamilan Pada Guinea Pig berlangsung lebih lama dari kelinci, biasanya 2 bulan(55-75 hari)
*Guinea Pig lahir dengan bulu lengkap dan beberapa jam berikutnya bisa berjalan
*Guinea Pig mulai Disapih umur 3 minggu-1 bulan, sang induk yang sayang anak bisa saja menyapih di umur 2 bulan.
*Guinea Pig yang mempunyai bayi bisa saling menyusui anak dari indukan lain yang sekelompok, jadi sang anak bisa menyusu dari ibu lainnya
*Jantan akan mendampingi betina jika betina sudah hamil besar, dia akan menjaga dan sabar menunggu
*Guinea Pig dapat kawin lagi beberapa jam setelah beranak jadi mungkin jangan gabungkan jantan bagi anda yang tidak mau peledakan populasi


Cara Mengetahui Kehamilan pada GP :
Pada umur 2 bulan biasanya GP sudah mulai menandakan perkawinan-perkawinan bila ada sepasang GP, tetapi kehamilan akan terjadi pada GP yang berumur 4 bulan atau lebih, karena betina biasanya menunggu sampai dia benar-benar siap, dan biasanya dibawah 4 bulan GP sangat rentan terhadap keguguran.
Jika anda menggabungkan Guinea Pig jantan dan betina dalam 30 hari, biasanya akan terlihat tanda-tanda kehamilan seperti perut samping yang agak membesar, dan puting betina yang kelihatan lebih besar dan jelas nah tanda ini biasanya hamil muda( saya tidak menyarankan menekan perut untuk mencari apakah ada calon bayi atau tidak karena cara ini bisa melukai atau membuat calon ibu stress)Kesabaran adalah kuncinya, maka bersabaralah tunggulah beberapa minggu lagi, biasanya GP betina hamil akan lebih agresif pada GP betina lain di luar Kelompoknya..
Jika mendekati 2 minggu sebelum beranak kehamilan GP akan terlihat jelas, perut samping akan membesar, pada saat ini jangan sering mengangkat GP anda, jadi bila terpaksa saja anda baru boleh mengangkatnya..
Jagalah kebutuhan nutrisi nya, GP hamil perlu vitamin C lebih besar, jadi berilah sayuran yang mengandung vit c, berilah selalu air murni karena GP hamil lebih cepat haus, porsi makan juga harus ditingkatkan.
Bila tidak mau ledakan populasi pisahkan jantan, tapi sebetulnya sang induk lebih aman jika ada jantan disampingnya karena merasa terlindungi tapi setelah beranak jantan bisa saja agresif dan mengawini induk lagi.

Persiapan Sebelum Kelahiran :

Yang harus disiapkan adalah tempat sembunyi atau bisa juga tempat tertutup, bila ada jantan satu kandang maka sediakan tempat sembunyi agar betina bisa sembunyi dari kejaran jantan yang ingin kawin.
bedding atau alas yang empuk untuk lahiran, tidak disarankan memakai kawat atau bambu karena kadang kaki anak bisa terjepit..
Biasanya saat melahirkan sang induk akan berteriak karena kesakitan dan akan ada bnayak darah jika anak nya banyak, jangan panik sang induk bisa mengatasi semua, dari membersihkan anak, dan bekas-bekas darah, yang kita harus lakukan adalah jangan sampai membuatnya takut.
Di luar negeri banyak kasus kematian pada GP yang beranak ini mungkin karena anak GP lahir dengan utuh dan besar sementara jika kita bantu bisa-bisa si induk stress berat.
anak GP biasanya dalam jumlah 1-4 ekor tapi bisa lebih dari 5 meskipun agak jarang..

Jadi Siapkanlah kebutuhan pada GP yang sedang hamil agar dia bisa melahirkan anak yang sehat dan lucu, pertimbangkan juga untuk membiakkan gp karena mungkin bisa berakibat fatal pada gp betina kesayangan kita....

20 comments:

husna yusuf nawawi said...

Nice info gan, ... hari minggu kemarin GP saya baru saja melahirkan malam hari jam sembilan.anaknya 2 ekor.
thanks infonya

marmut saya said...

senang bisa membantu mas... :)

Anonymous said...

Mas,Mainan Untuk GP apa ya (Sebutin semua yg dia suka :D) ?


klo ada kira* Brp harganya ?

jawab ya :D

marmut saya said...

simple aja. kertas HVS (tidak bertinta) kertas tidak bertinta, dilarang koran atau kertas habis ngeprint (sudah buat ngeprint.

bola2 an bayi itu juga gpp.. atau bola karet (yang polos) kecil,

kalo buat umpet2an cari aja T pralon yang diameter besar. hehe.. kalau beli jarang di indonesia. :)

al rizky ilham said...

klo bayinya GP disatuin ma jantannya gk akan di mkn kan?

Anonymous said...

Klo Mainan Hamster Yg Seperti Roda Berputar
Boleh Gak ?
Trz Nama Mainannya Apa ?
Dan Harganya Brp ?

marmut saya said...

gak di makan mas al rizky : hanya saja. sebaiknya di pisah dlu karna masa pemulihan rahim maminya belom pulih sebaiknya di pisah sampai Baby mulai sapih atau tidak menyusui sekitar 1-1,5 bulan ^_^ harus dilepas.. karna gak bagus untuk puting kegigit bikin lecet ^_^

marmut saya said...

kalau mainan hehe buat hamster itu gak muat :p GP bisanya kalau mau lebih murah ^_^ kasih saja pralon unutk ngumpet ^_^ dan lari2.. ^_^ yang penting permainan itu gak tajam dan membahayakan GP ^_^

fathur andexus said...

marmut saya waktu d'pgang lncat dlm k'adan hmil, apkh tu mempengaruhi kehamilan'y. ?

marmut saya said...

bisa jadi atau kemungkinan dalam keadaan stres juga bisa.. dilihat dari ciri fisik aja dulu gan.. thanks.

Nanda Eko said...

gan saya mau tanya ne saya punya gp 2 jantan 1 betina, tapi jantannya usianya masih mudah betinanya udh gede apakah mau kawin itu

Sarjono said...

marmut ku baru 2hari yg lalu melahirkan 3 ekor,lucu2,dulu ga suka marmut malah skarang sayang banget

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Dwi Ayu Setyorini said...

Mau tanya saya gak sengaja beli marmut betina dalam keadaan hamil kmrin habis dikawinin sma yang jantannya truz 2hari kemudian betinanya mengeluarkan banyak darah kira2 itu kenapa ya?apakah keguguran atau mau melahirkan.?

antiq said...

Mas, untuk anak mermut pada usia berapa bisa dilepas bersama induk betina dan jantan? Karena waktu usia 1 bulan tak coba lepaskan, si anak mermut di kejar jantan/ ayahnya, berbahayakah?

Anonymous said...

Mau nanya mas...GP ku baru beranak.anaknya 2.tapi kok induknya kagak nyusuin ya?indukny kayaknya cuek bngt..

marmut saya said...

Nanda Eko : jantan biasanya mulai mengnal lawan jenis atau mulai mau kawin tergantung dari GP mulkai dari umur 3 bulan keatas gan. tapi lebih topcer / pasti jadinya umur 1 tahun keatas.


Sarjono : alhamdulillah selamat gan... :) jangan lupa like https://www.facebook.com/MarmutSayaFarmGuineaPig?fref=ts

Dwi Ayu Setyorini : sebaiknya di pisah mbak. karna takutnya pendarahanpada kelamin.. GP hamil sebaiknya di pisah dari jantan.. sediakan tempat nyaman untuk GP hamil karna GP hamil mudah / rawan keguguran karena 1. sering stres 2. tidak nyaman pada kandang

antiq : oh jantannya sedang amsa ingin kawin gan.. umur 1 bulan bisa di lepas dari susu indukan.

Anonymous Anonymous : faktor pertama karena indukan yang malas. kedua karna indukan masih muda. ketiga indukan baru 1-2 kali melahirkan. coba agan bantu pencet puting susu dan arahkan ke mulut anakan. untuk memancing dan usahakan anak dan indukan di pisa di kandang sendiri tanpa 1 ekor pun indukan lain. atau kalau memang masih blm mau menyusuin titipkan anakan pada indukan lain yang sedang menyusui.

Anonymous said...

Hargax sepasang brp yg siap kawin?

Anonymous said...

Maz mau tnya yh...sy kan pnya marmut 2 psang si jntan dah pngen kawin terus tp si betinanya kyknya blum siap dia trus lari" apakah gak pa" klo di trus digabung dlm 1 kandang

thulil lil said...

bg boleh nanya gak.
kami kan beli marmut kemarin.
trus mau kasih pelet untuk makanan marmut bg.nama pelt tuk makanan marmut apa ya bg
thank's bg.